Kamis, 24 Mei 2012

INTERNET

A.  SEJARAH SINGKAT INTERNET

Let's see about a brief history of the Internet...

Internet adalah jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

B.  INTERNET

What is the meaning of the Internet…?

Internet adalah kependekan dari Interconnected-Networking, yaitu sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan Internet-Working.




Sepertinya sudah cukup penjelasan tentang sejarah internet dan pengertian dari internet itu sendiri. Sekarang, mari kita bahas tentang manfaat, penyalahgunaan dan dampak yang bisa kita dapat dari penggunaan internet.
Let us discuss about this… 

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pengaruh internet memang sudah semakin besar di zaman teknologi ini. Tidak sedikit yang menjadi “ketergantungan” dengan internet. Dari semua kalangan, baik tua maupun muda. Tidak hanya orang dewasa, internet pun sudah banyak digunakan oleh anak-anak. Karena tidak dapat dipungkiri, internet sudah menjadi kebutuhan banyak orang, dimana internet bisa menjadi sumber pengetahuan atau pemberi informasi yang mendunia maupun sumber penghasilan. Banyak orang yang memanfaatkannya sebagai sesuatu yang positif, namun ada juga yang menggunakannya sebagai sesuatu yang negatif. 

C.  MANFAAT PENGGUNAAN INTERNET

Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet, yaitu :

1.   Sebagai “Perpustakaan Online”
Maksudnya, dengan menggunakan internet kita dapat mencari informasi apapun dengan mudah, kapan saja, dan dimanapun, tanpa memakan biaya berlebih karena adanya Google atau Wikipedia user.

2.   Dapat digunakan sebagai “Bisnis Online”
Banyak orang yang menggunakan internet sebagai lahan untuk mencari uang atau mendapat keuntungan secara online. Misalnya berjualan suatu produk lewat media sosial Facebook, atau media sosial lainnya.

3.   Sebagai Sarana Komunikasi
Dengan adanya media sosial yaitu Facebook dan Twitter, orang-orang diseluruh dunia bisa terhubung secara online tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

4.   Sebagai Sarana Hiburan
Penyediaan Game Online di internet, dapat menjadi hiburan untuk anak muda masa kini yang membutuhkan refreshing otak.

5.      Adanya E-book
Dengan adanya e-book, buku-buku yang harganya cukup mahal bisa kita minimalisir dengan mendownload di e-book.

Selain itu, internet juga sangat memberi manfaat bagi dunia pendidikan, yaitu :

1.   Kemampuan dan kecepatan dalam komunikasi, bahkan sekarang telah dimungkinkan menggunakan peralatan berbasis multimedia dengan biaya yang relatif murah sehingga dimungkinkan untuk melaksanakan pendidikan jarak jauh.

2.   Ketersediaan informasi yang up to date telah mendorong tumbuhnya motivasi untuk membaca dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi di berbagai belahan dunia.

3.   Adanya fasilitas untuk membentuk dan melangsungkan diskusi kelompok (news group) sehingga akan mendorong peningkatan intensitas kajian Iptek.

4.   Melalui Web pendidikan, proses belajar mengajar dapat dilakukan secara dinamis, tidak tergantung waktu dan ruang pertemuan. Semua materi belajar dapat diperoleh dengan mudah pada situs-situs pendidikan yang tersedia. Dengan demikian biaya pendidikan dapat ditekan serendah mungkin karena peserta didik tidak perlu menanggung uang gedung lagi.

5.   Melalui E-mail, konsultasi dapat dilakukan secara pribadi antar peserta didik dan pendidik ataupun dengan rekan lainnya.

D.  PENYALAHGUNAAN INTERNET

Walaupun banyak manfaat dari penggunaan internet, tetapi telah kita sadari banyak pula penyalahgunaan yang dilakukan dari penggunaan internet, yaitu sebagai berikut :

1.   Situs Pornografi

Pornografi yang tidak dibatasi, dapat mengakibatkan generasi-generasi muda terkontaminasi oleh situs  pornografi yang merajalela. Hal ini dapat menimbulkan sex bebas pada remaja, pelecehan seksual, dan lain sebagainya. Walaupun situs-situs porno sudah diupayakan untuk dihancurkan, tetapi masih banyak saja oknum-oknum yang jahil yang masih saja menaruh gambar ataupun tulisan berbau pornografi ke media sosial lainnya.

2.   Kecanduan Game Online

Sudah banyak yang kecanduan game online, dari anak SD, SMP, maupun SMA. Mungkin untuk menghilangkan kepenatan sehabis pulang sekolah, boleh saja mereka bermain game online, ya 2 sampai 3 jam. Tetapi mereka bukan hanya sekedar menghilangkan kepenatan saja, mereka justru ketagihan, sampai-sampai tidur hingga larut malam, bahkan ada yang  menginap di warnet. Kecanduan game online sebenarnya hanya dapat menyita waktu, tenaga dan juga uang.

3.   Penyalahgunaan Media Sosial

Selain itu media sosial seperti facebook dan twitter sudah banyak yang tidak memanfaatkannya dengan positif, banyak remaja meng-update status yang tidak pantas untuk di publish, menggunakan kata-kata kotor, makian, membongkar aib,  dan hinaan lainnnya, di masa ini sudah tidak tabu lagi meng-update status dan meng-comment status yang seperti itu. Foto profil yang dipakai juga banyak yang memajang foto yang tidak pantas untuk dilihat. Untuk penggunaan nama di facebook banyak yang tidak menggunakan nama asli, bahkan menggunakan nama yang memiliki arti kotor dan mengandung kontroversi.

E.  DAMPAK PENGGUNAAN INTERNET

Dampak positif dan negatif internet dari sudut pandang psikologis. Dampak ini akan ditinjau dari beberapa aspek perkembangan sebagai berikut :

a)      Dampak Positif

1.   Dampak pada Perkembangan Fisik

Salah satu dampak bila internet digunakan dengan tepat adalah adanya kemungkinan untuk melakukan aktivitas fisik tanpa dibatasi oleh waktu dan dapat dilakukan di rumah. Seperti game yang menggunakan dancing pad, dapat dilakukan setiap saat diwaktu yang senggang. Selain itu informasi tentang kesehatan juga memberikan dukungan terhadap gaya hidup yang sehat dan pencegahan terhadap penyakit.

2.   Dampak pada Perkembangan Moral

Beberapa aksi kemanusiaan dalam menghadapi peristiwa-peristiwa besar seperti bencana alam dapat diakses langsung oleh masyarakat luas, termasuk juga remaja pengguna internet. Aksi tersebut sering memicu tumbuhnya solidaritas untuk merasakan bahkan membantu individu lain yang sedang tertimpa musibah. Hal tersebut dapat mendorong perkembangan moral yang adekuat.

b)      Dampak Negatif

1.   Dampak pada Perkembangan Fisik

Contohnya problem visual seperti kelelahan mata, sakit kepala bahkan penglihatan kabur karena remaja lebih rentan daripada orang dewasa terhadap cahaya dan radiasi yang dipancarkan dari perangkat internet. Selain itu obesitas juga kasus yang sering terjadi akibat berkurangnya aktivitas fisik.

2.   Dampak pada Perkembangan Emosi dan Sosial

Internet dapat berdampak pada perilaku kurang sabar pada remaja karena internet cenderung membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah dan instant sehingga secara emosi para remaja menjadi tidak terbiasa untuk bersabar. Saat ini telah dikembangkan berbagai jejaring sosial yang dapat mendukung terciptanya suatu lingkungan sosial “virtual”. Pada remaja, pengaruh negatif dari jejaring sosial ini dapat dilihat dari beberapa hal sebagai berikut :

-    Hilangnya Privacy
Menulis status yang vulgar yang seharusnya adalah privasi yang tidak baik untuk dipublikasikan.

-    Cyber-Bullying
Banyak terjadi kasus perkelahian yang dimulai dari komentar atau status namun dianggap ejekan (bullying) melalui jejaring sosial.

-    Stranger-Danger
Para remaja sering masih kurang “aware” terhadap bahaya dari orang yang tak dikenal atau yang mengenal mereka namun memalsukan identitasnya dalam jejaring sosial.

-    Cyber-Stalking
Kejujuran remaja dalam jejaring sosial seperti melakukan posting tentang bagaimana rumah mereka, dimana sekolah mereka, menyebabkan orang asing yang berniat jahat sangat mudah untuk membuntuti dan bahkan membujuk mereka untuk bertemu muka dan akhirnya bisa melakukan tindakan kejahatan kepada mereka.

F.   HARAPAN PERKEMBANGAN INTERNET


Harapan saya untuk perkembangan internet di masa globalisasi ini, mungkin bisa dimulai untuk situs-situs berbahaya di internet yang sudah merajalela dan sulit untuk dihilangkan, seperti situs pornografi, situs yang menulis tentang yang melecehkan antar umat beragama, dan lain sebagainya. Selain itu media sosial seperti facebook dan twitter sudah banyak yang tidak memanfaatkannya dengan positif, banyak remaja meng-update status yang tidak pantas untuk di publish, menggunakan kata-kata kotor, makian, membongkar aib,  dan hinaan lainnnya, di masa ini sudah tidak tabu lagi meng-update status dan meng-comment status yang seperti itu.  

Foto profil yang dipakai juga banyak yang memajang foto yang tidak pantas untuk dilihat. Untuk penggunaan nama di facebook banyak yang tidak menggunakan nama asli, bahkan menggunakan nama yang memiliki arti kotor dan mengandung kontroversi. Hal ini hanya membuat moral remaja hancur dan tidak tahu malu lagi. Padahal, facebook atau twitter dapat dimanfaatkan untuk hal yang positif, seperti berjualan online, saling share dengan teman baru, menulis status yang membangun, dan lain sebagainya.

Selain itu, untuk fasilitas pencari informasi yang sangat banyak di internet, seperti Google, Wikipedia, E-book, dan fasilitas lainnya sangat perlu diperbanyak, karena kebutuhan hidup yang semakin lama semakin meningkat seperti buku-buku, dengan adanya fasilitas diatas dapat memudahkan mencari informasi tanpa membeli buku yang mahal, terutama memperbanyak fasilitas E-book di internet.




KESIMPULAN

Dari pembahasan diatas, melihat manfaat yang diperoleh dari penggunaan internet sangatlah banyak, seharusnya kita harus lebih bisa memanfaatkan internet untuk pekerjaan yang positif. Dan dengan mengetahui dampak dari penyalahgunaan internet yang sangat merugikan, disarankan untuk dapat memahami dampaknya, bukan malah menjadi ketagihan untuk melakukannya lagi. 

Apakah internet berpengaruh negatif atau positif dalam kehidupan bermasyarakat? Jawabannya adalah tergantung dari user atau pengguna internet tersebut, karena internet memiliki fungsi positif dan negatif yang melekat pada waktu yang bersamaan. 

Untuk fasilitas pencari informasi yang sangat banyak di internet, seperti Google, Wikipedia, E-book, dan fasilitas lainnya sangat perlu diperbanyak, karena kebutuhan hidup yang semakin lama semakin meningkat seperti buku-buku, dengan adanya fasilitas diatas dapat memudahkan mencari informasi tanpa membeli buku yang mahal, terutama memperbanyak fasilitas E-book di internet.

Untuk masalah pornografi dan penggunaan media sosial yang makin lama makin tidak terkendali, kitalah yang seharusnya sadar untuk lebih menggunakan internet sebagai  sarana yang dapat memberikan manfaat, bukan malah menyalahgunakan internet untuk hal yang negatif. Hal itu dilakukan agar terciptanya remaja yang bermoral dan meiliki rasa tanggung jawab yang tinggi sebagai generasi penerus bangsa.
Fasilitas di Internet:
Berikut Fasilitas Internet yang bisa diketahui :
  • Telnet (Remote Login); adalah fasilitas yang digunakan untuk melakukan login dan bekerja pada komputer dari jarak jauh.
  • Electronic Mail; untuk menerima dan mengirim pesan-pesan/surat dari orang lain dalam jaringan internet. Dengan E-mail ini kita juga bisa mengirim dan menerima segala sesuatu yang dapat disimpan dalam sebuah file komputer, misalnya program, gambar atau majalah elektronik.
  • Usenet; Suatu sistem diskusi kelompok pada jaringan internet, dimana artikel-artikel atau makalahnya didistribusikan ke seluruh pemakai internet di seluruh dunia. Karena saking banyaknya peminat usenet ini, maka di internet dibagi-bagi sesuai dengan bidang permasalahan diskusinya.
  • Finger Service; merupakan fasilitas yang memberikan kesempatan kita untuk menanyakan informasi tentang seorang pemakai.
  • Remote Login; Fasilitas ini digunakan untuk menghubungi atau memasukkan salah satu server (pusat komputer) yang disambungkan ke jaringan internet. Untuk dapat melakukan hal ini kita harus tahu alamat servernya, punya username dan password, tetapi setiap server biasanya memberikan kesempatan kepada semua orang login dengan menggunakan account atau username Public agar dapat memasuki/login ke suatu server.
  • Anonymous FTP; memberikan kesempatan kita untuk mentransfer atau mengirim file dari satu komputer ke komputer yang lain.
  • Archie Server; merupakan katalog atau tempat mencari alamat-alamat tempat untuk Anonymous FTP.
  • Talk Facility; untuk menghubungi pemakai lain dalam jaringan internet baik dalam sistem yang sama ataupun sistem yang berbeda. Selanjutnya kita dapat menerima dan mengirim pesan kepada pemakai yang kita hubungi.
  • Internet Relay Chat (IRC); mirip dengan fasilitas talk, tetapi melibatkan sekelompok orang, kita akan dapat ambil bagian dalam komunikasi publik dengan sekelompok orang.
  • Gopher; penyedia menu di mana kita bisa mendapatkan segala informasi termasuk fasilitas-fasilitas internet lainnya. Setiap gopher ini berisi informasi-informasi dimana sistem administrator lokal dipakai bersama.
  • Veronica dan Junghead; fasilitas yang dapat menelusuri menu-menu gopher di seluruh dunia.
  • Wais Server (Wide Area Information Service); menyediakan cara untuk menemukan informasi yang tersebar dalam internet dengan cara menggunakan fasilitas database dan pencarian dilakukan dengan menggunakan kata kunci. Untuk melakukan proses pencarian ini kita harus menentukan dulu tempat atau alamat kita akan melakukan pencarian informasi.
  • World Wide Web (WWW); merupakan fasilitas hypertext yang memberikan kesempatan kepada kita untuk untuk mencari dan menampilkan informasi dengan mengetikkan alamat elektronik tujuan. Hypertext adalah data yang memiliki hubungan ke data yang lainnya, inilah yang menyebabkan fasilitas Web ini merupakan fasilitas yang paling handal di internet.
  • White Pages Directory; server yang menampilkan daftar referensi, kita dapat mencari informasi yang kita perlukan sama seperti membuka buku yellow pages.
  • Electronic Magazine; majalah elektronik berupa artikel-artikel yang disimpan dalam file-file yang diakses oleh semua orang, baik dengan topik ilmiah ataupun hiburan.
  • Mailing List; sistem yang mengirim pesan-pesan berupa artikel, berita atau apa saja sesuai dengan topik yang ditentukan ke sekelompok orang.
  • Bulletin Board System (BBS); tempat untuk menyimpan pesan-pesan dan file yang sesuai dengan topik yang ditentukan.
  • Whois; adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mencari user yang ada pada seistem komputer yang terhubung dengan jaringan internet.
  • Multiple User Dimention (MUD); program komputer yang menyediakan fasilitas untuk berinteraksi, berfantasi dan beraksi dengan user-user lain dimana masing-masing memainkan perannya.
  • Search Engine; mirip dengan WAIS Server yaitu tempat untuk mencari informasi di internet menggunakan fasilitas database yang pencariannya juga dilakukan dengan memasukkan kata kunci, namun kita tidak perlu menentukan tempat pencarian kita. Fasilitas ini berbasis WWW.
  • Online Game; dapat menghubungkan beberapa user yang berada di lokasi yang berbeda untuk menjalankan program game secara bersamaan.
  • VOIP (Voice Over Internet Protokol); merupakan fasilitas yang mirip dengan fasilitas telepon namun menggunakan jalur internet sebagai pengantar data (voice).
  • HTML singkatan dari Hyper Text Markup Language adalah file teks atau file ASCII yang berisi instruksi/script kepada web browser untuk menampilkan suatu tampilan grafis dari sebuah halaman web. Didalam file HTML terdapat beberapa "tag" atau kode-kode yang dimengerti oleh web browser dan dapat menampilkannya di layar monitor.
  • Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk World Wide Web
  • URL(Uniform Resource Locator), yaitu sarana yang digunakan untuk menentukan alamat yang di pakai ketika kita mengakses internet(Website/HomePage)
  • TCP/IP adalah salah satu jenis protokol* yg memungkinkan kumpulan komputer untuk berkomunikasi dan bertukar data didalam suatu network (jaringan)
  • VIDEO adalah merupakan seperangkat komponen atau media yang mampu menampilkan gambar sekaligus suara dalam waktu bersamaan
  • Browsing adalah seni pencarian informasi melalui system operasi yang berbasis hypertext, misalnya membaca berita, bermain game, menulis blog, mengirim e-mail, dan lain sebagainya. Contoh produknya adalah Internet Explorer, Opera, Mozilla Firefox dll.                   

    Blog 

     Blog merupakan singkatan dari web log[1] adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

    Sejarah

    Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya PyraLab diakusisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
    Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.
    Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

    Komunitas Blogger

    Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari [para blogger] berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat.
    Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.

    Jenis-jenis blog

  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)

    Budaya populer

    Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di internet[rujukan?], dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya. Selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas para blogger meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar[rujukan?].
    Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan (misalnya AdSense, posting berbayar, penjualan tautan, atau afiliasi). Sehingga kemudian muncullah istilah blogger profesional, atau problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog[rujukan?], karena banyak saluran pendapatan dana, baik berupa dolar maupun rupiah, dari aktivitas ngeblog ini

    Risiko kejahatan

    Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi - blog menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam blog-blog. Hal ini berakibat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan ditangkap. 

    http://id.wikipedia.org/wiki/Blog

Daftar Pustaka :
http://seminar.gunadarma.ac.id 
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet
http://id.wikipedia.org/wiki/Internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar